Cara Praktis Mencuci Bantal

Cara Mencuci Bantal Secara Praktis

Ada langkah - langkah yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu sebelum kamu mencuci bantal tersebut:
Periksalah keadaan bantal kamu apakah masih dalam keadaan yang baik. Yang harus kamu lakukan ialah ratakan bantal terlebih dahulu agar kondisi bahan yang ada pada bantal tersebut tidak hanya menumpuk pada satu sudut saja. Setelah itu lipatlah bantal agar bisa dijadikan dua bagian, setelah itu kamu lepaskan. Apabila bantal kembali pada bentuk yang semula, maka hal ini berarti kondisi pada masih sangat bagus. Akan tetapi bila bantal masih terlipat,dan hal ini berarti kamu sudah harus dan juga perlu mengganti isi bantal tersebut atau membeli yang baru.
Pastikan jenis pengisi bantal kamu. Bahan yang berbeda, apakah dakron, silikon, busa, atau bulu angsa, karena beda bahan membutuhkan perlakuan yang berbeda pula.

Kamu juga harus benar-benar memastikan tidak ada lubang yang akan menyebabkan isi bantal tersebut berkeluaran pada waktu hendak kamu cuci. Dan juga jika ada lubang ataupun sobekan, sebaiknya tambalah ataupun jahitlah sobekan itu terlebih dahulu sebelum hendak kamu cuci.

Berikutnya, kamu juga bisa mencuci dan membersikan bantal dengan bantuan tangan ataupun mesin cuci. Apabila bantal berisi busa ada baiknya dicuci dengan menggunakan tangan saja, namun jika bantal kamu berisi bahan dakron, silikon, ada baiknya cuci dengan menggunakan mesin cuci. Yang terpenting alat yang akan kamu pakai, contohnya saja baskom ataupun mesin cuci, yang bisa dan cukup besar untuk membuat bantal tersebut terendam dengan sempurna.

Kemudian yang harus kamu siapkan ialah deterjen cair dan juga air hangat. Sebaiknya gunakan deterjen cair yang sangat ringan dan juga jangan taruh terlalu banyak. Apabila kebanyakan, kamu harus membilasnya berkali-kali agar menghilangkan sisa-sisa busa dan juga deterjen pada bantal tersebut. Kegunaan air hangat ialah ia akan membantu dan juga membunuh jamur kuman dan bakteri yang terkandung pada bantal tersebut.

Apabila semua alat dan juga bahan-bahan yang diperlukan sudah siap, maka cucilah bantal dengan prosedur sebagai berikut ini:


Apabila kamu hendak mencuci bantal dengan menggunkan tangan, maka bantal hanya cukup direndam saja dalam air hangat yang sudah  dicampur dengan deterjen cair dengan waktu kurang lebih atau sekitar 30 menit saja. Setelah itu bisa kamu bilas sebanyak tiga kali hal ini berguna agar sisa-sisa deterjen dan juga busa-buasa pada bantal akan benar-benar hilang semua.

Dan apabila kamu memakai mesin cuci, sebaiknya harus kamu pastikan apakah bantal tersebut sudah terendam dengan sempurna di dalam air hangat tersebut. Lalu sebaiknya atur mesin cuci kamu dengan waktu sekitar 10 menitan saja dan juga kecepatan putarannya yang rendah saja. Setelah kamu cuci, maka bilaslah bantal sampai bersih.

Setelah selesai dengan mencuci bantal maka hal yang perlu kamu lakukan ialah mengeringkan bantal. Ikutilah beberapa cara mengeringkan yang harus kamu lakukan:
Peraslah bantal tersebut dengan cara menekan bantal. Dan sebaiknya kamu jangan meremas dan juga memelintir bantal tersebut, hal ini dapat mengubah bentuk aslinya.
Dan jangan sesekali menggunakan alat pengering seperti hair dryer. Harus kamu ingat, bila bantal kamu berbahan busa, keringkanlah dengan cara dikeringkan secara alami.

Setelah itu jemurlah bantal kamu. Jika bahan bantal kamu dakron ataupun silikon, guncang-guncanglah bantal tersebut setiap satu jam sekali hal ini berfungsi agar air yang di dalam bantal terurai. Lalu, balik dan taruhlah kembali bantal di jemuran tersebut.
Pastikan dengan benar apakah bantal kamu kering dengan sempurna.

Selamat mencuci Bantal ☕

Komentar

  1. kalau bantal kapas gitu bener ga sih ga boleh kena air? makasih infonya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung bahan kapas jenis apa. Pada dasarnya semua jenis kapas boleh/bisa kena air bahkan dicuci, hanya saja beberapa jenis kapas ada yang susah dan mudah kembali ke kondisi semula. Kapas SILICON adalah salah satu jenis kapas yang boleh dicuci karena lebih bisa kembali ke kondisi semula dibanding kapas lainnya.

      Hapus

Posting Komentar